Sebagai bentuk nyata penerapan Project-Based Learning, siswa-siswi SMK Al Falah Dago jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang sedang menjalani kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL), Hilmy (18) dan Kamalia (17) melakukan proyek perakitan komponen hardware kamera pengawas.
Kegiatan ini dilakukan untuk melatih dalam memahami proses kerja perangkat keras mulai dari tahap perakitan, penyolderan komponen elektronik pada PCB (Printed Circuit Board), hingga pengujian akhir (testing) hasil rakitan.
Dalam proyek ini, siswa PKL mempelajari untuk memastikan seluruh tahapan kerja dilakukan secara kolaboratif dan kerja sama yang kompak. bertanggung jawab merakit modul kamera, menyolder koneksi antar komponen, serta melakukan troubleshooting apabila hasil pengujian belum optimal.
“Dengan metode project-based seperti ini, kami jadi lebih paham bagaimana sistem elektronik itu bekerja secara langsung. Dari teori jadi praktik nyata,” ujar salah satu siswa PKL.
Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya mengasah keterampilan teknis, tetapi juga belajar menyelesaikan masalah, bekerja dalam tim, dan mengelola waktu dengan baik. Penerapan model Project-Based Learning seperti ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk Langkah kecil untuk Pengawasan besar.


Proyek ini menjadi salah satu bukti bahwa pembelajaran PKL siswa SMK Al Falah tidak hanya berfokus pada teori, namun juga memberikan ruang luas bagi siswa untuk belajar dari praktik langsung dan proyek nyata.